Mengatasi Ponsel Android Tidak Bisa Mengirim SMS

Mungkin pada ponsel android kalian pernah mengalami tidak bisa mengirim pesan singkat atau SMS. Meskipun pada jaman sekarang teknologi yang berkembang dengan pesat pesan singkat jarang di gunakan, tapi tetap saja kita masih memerlukannya untuk beberapa hal. Jika pesan SMS tersebut tidak bisa di gunakan, tentu saja akan mengganggu sekali.

Di sini kami akan mengatasi masalah agar pesan singkat pada android kalian bisa di gunakan kembali, tetapi bukan karena pulsa habis ya. Jika masalah pada pulsa yang habis solusinya isi ulang pulsa kalian.

Ada beberapa cara yang bisa kalian coba agar pesan singkat bisa di gunakan kembali.

1. Pengaturan Jaringan

Yang pertama kalian periksa pada pengaturan jaringan. Maksudnya di sini adalah jaringan yang kalian atur bukan pada jaringan 4G only atau hanya terkoneksi pada jaringan 4G saja. Karena pada jaringan 4G saja, kita tidak akan bisa mengirim SMS atau melakukan panggilan keluar. Untuk merubah jaringan, baca caranya pada cara merubah jaringan di android.

2. Periksa Nomor Pusat Pesan

Nomot pusat pesan SMS (SMSC) adalah nomor yang sangat penting ketika kita akan melakukan pengiriman pesan singkat. Bagi sebagian orang, nomor ini sering tidak terpikirkan karena biasanya akan terisi secara otomatis. Akan tetapi, nomor pusat pesan tersebut bisa saja tidak terisi atau ketika kalian mengganti kartu operator seluler lama, nomor pusat pesan yang baru tidak berubah.

Nomor pusat pesan pada ponsel berbeda-beda tergantung dari operator seluler mana yang kalian gunakan. Jadi jika nomor pusat pesan tidak sama atau tidak cocok maka kalian tidak akan bisa mengirim SMS.

Untuk melihat apakah nomor pusat pesan sudah benar atau cara menggantinya, baca di bawah ini.
  1. Pertama buka aplikasi pesan singkat kalian
  2. Setelah itu masuk ke setelan aplikasi SMS dan pilih Setelan tambahan
  3. Di situ kalian akan melihat Pusat Layanan Pesan Singkat (SMSC) dan terdapat nomor pusat pesan kalian

Periksa apakah nomor pusat pesan di ponsel kalian sesuai dengan operator seluler yang di gunakan atau tidak. Jika tidak sesuai, kalian bisa menggantinya agar bisa mengirim pesan kembali.

Gambar di atas kami ambil dari pengaturan aplikasi SMS pada ponsel Xiaomi. Untuk ponsel android lain tentu saja tidak jauh berbeda caranya untuk melihat dan mengganti nomor SMSC.

Sedangkan nomor pesan pada setiap operator seluler di indonesia, kalian bisa lihat di bawah ini.
  1. Nomor Pusat Pesan Indosat Ooredoo (IM3): +62855000000
  2. Nomor Pusat Pesan Indosat Ooredoo (Mentari, Matrix): +62816124
  3. Nomor Pusat Pesan Telkomsel Simpati, Halo, AS: +6281100000
  4. Nomor Pusat Pesan XL Axiata: +62818445009
  5. Nomor Pusat Pesan Axis: +628315000032
  6. Nomor Pusat Pesan 3 (Three): +6289644000001
  7. Nomor Pusat Pesan Smartfren: +628811223344

3. Restart Ponsel

Jika cara di atas sudah kalian lakukan dan masih saja tidak bisa, cobalah untuk melakuakan restart pada ponsel kalian. Hal ini di lakuakan apabila terjadi sistem yang error pada ponsel android bisa kembali berkerja dengan normal kembali.

Begitulah cara agar kalian bisa mengirim pesan singkat kembali lewat perangkat android. Jika masih tidak bisa, mungkin di sebabkan pada kartu operator seluler kalian, cobalah ganti dengan kartu yang lain. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Click to comment