Cara Mengatasi Layar Ponsel Android Macet

Sebuah layar touchscreen adalah bagian terpenting dalam sebuah ponsel pada jaman sekarang ini. Karena dalam sebuah smartphone yang sudah canggih, tombol-tombol keypad sudah tidak di perlukan. Kita mengoprasikan semua aktifitas dalam sebuah smartphone menggunakan layar sentuh. Lantas bagaimana jika layar sentuh tersebut tidak merespon?

Jika suatu layar ponsel android tiba-tiba lag atau macet, ini biasanya di sebabkan karena RAM pada ponsel tersebut sudah penuh. RAM HP saya 2GB dan hanya untuk bermain game saja, masak penuh. Ya, ini terjadi jika kalian memiliki aplikasi yang berjalan di latar belakang terlalu banyak. Misalkan saja ada beberapa aplikasi sosial media yang tentu saja akan berjalan meskipun kalian sudah menutupnya, kemudian kalian tambah lagi dengan memainkan sebuah game yang memiliki RAM besar, maka tidak heran jika layar kalian tiba-tiba macet atau bahkan ponsel sampai restart sendiri.

Jika kalian memiliki sebuah aplikasi yang dirasa tidak di pakai tapi memakan RAM ponsel dan ketika ingin menghapusnya tidak bisa karena hasil bawaan (bloatware) dari hp tersebut, silakan baca di cara menghapus aplikasi bawaan ponsel.

Dan biasanya jika layar smartphone sudah macet, bagi kebanyakan orang akan melakukan cara paksa untuk mengatasinya yaitu dengan mencabut baterai kemudian menghidupkan kembali ponsel. Ya, cara ini memang ampuh untuk mengatasi masalah ketika layar tidak merespon. Tapi cara tersebut kurang baik untuk ponsel kalian, sama saja dengan mematikan komputer/PC langsung mencabut aliran listriknya. Dan cara seperti di atas tidak mungkin di lakulan untuk ponsel yang memiliki baterai tanam. Terus bagaimana solusinya?

Mengatasi Layar Ponsel Macet

Jika layar ponsel kalian macet atau ngelag, cukup lakukan restart pada ponsel. Caranya tekan dan tahan tombol power kurang lebih 10-15 detik sampai ponsel mati. Jika tidak bisa, tekan dan tahan tombol power selama 10 detik kemudian tekan tombol volume -, maka ponsel android kalian akan merestart.

Cara diatas adalah ketika terjadi error pada sistem android dan bukan karena layar yang mengalami kerusakan. Layar yang tidak bisa di sentuh sebagian itu bukan karena RAM ponsel kalian yang penuh, hal tersebut memang murni terjadi kerusakan pada layar ponsel android kalian. Bagaimana cara cek layar normal atau tidak? Baca caranya di bawah ini.

Cek Kondisi Layar Ponsel

Untuk mengeceknya kita tidak perlu membawa hp tersebut ke tukang service. Kita hanya akan melakukan tes dengan fitur yang sudah ada pada smartphone android tersebut.
  1. Pertama aktifkan terlebih dahulu Opsi Pengembang
  2. Setelah itu buka Opsi Pengembang (Developer Options) dan geser kebawah cari Lokasi penunjuk (Pointer location) kemudian aktifkan
  3. Setelah kalian mengaktifkan Lokasi penunjuk, maka saat layar disentuh akan ada garis yang menunjukkan lokasi sentuhan. Jika layar tidak berfungsi, maka garis tersebut tidak akan muncul

Kalian juga bisa menggunakan cara hardware tes pada ponsel xiaomi. Baca caranya di cara tes hardware xiaomi

Itulah cara untuk mengatasi layar sentuh yang tidak bisa di gerakkan atau macet. Jika tidak ingin layar lag kembali, sebaiknya kurangi penggunaan RAM pada ponsel tersebut. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Click to comment